RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Tosari
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/Semester : VIII /
I
Tahun Pelajaran :
2012/2013
Standar Kompetensi*
3,
Mempraktikan teknik dasar senam lantai
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
3.1.Mempraktikan teknik dasar senam lantai meroda berdasarkan konsep serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggung jawab
3.2.Mempraktikan teknik dasar senam
lantai guling lenting serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggung jawab
Alokasi
Waktu : 2x 2 x 40 menit (2 x pertemuan )
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik
dasar meroda
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk latihan teknik dasar meroda
Aspek Afektif
·
Kedisiplinan, keberanian dan tanggung
jawab
|
A. Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat melakukan teknik dasar senam lantai meroda dengan benar
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery
)
B. Materi Pembelajaran
Uji diri/Senam lantai
·
Teknik dasar senam lantai meroda
B. Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Demonstrasi
-
Penugasan
C. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1 Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
1 Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Melakukan teknik dasar
senam lantai meroda , dengan rincian kegiatan sebagai berikut
a. Melakukan latihan gerak
meroda dengan bantuan dan dilanjutkan tanpa bantuan (perorangan/ berpasangan/ berkelompok)
§ Elaborasi
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Strategi pelaksanaan
dengan menggunakan model tugas/penugasan
guru membagikan bahan ajar, yang
berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
siswa mempelajari tugas ajar
dan indikator keberhasilannya
siswa memperkirakan waktu yang
diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
siswa melaksanakan tugas ajar
sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri cepat, maka mereka
diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang
dimodifikasi.
b. Strategi pelaksanaan
dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
guru mengatur siswa agar
berpasang-pasangan
guru membagikan bahan ajar,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
siswa mempelajari tugas gerak
dan indikator keberhasilannya
siswa membagi tugas, siapa yang
pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
siswa melaksanakan tugas gerak,
dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai
dengan indikator yang telah ditentukan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a. memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
b. memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c. memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d. memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup (20 Menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar
dan aman (Bangsal senam)
-
Matras
-
Buku teks
- Buku referensi, ,
Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII,
- Lembar Kerja Proses
Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar meroda
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk
latihan teknik
dasar meroda
Aspek Afektif
·
Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar meroda !
Posisi awal badan untuk melakukan meroda, adalah .
Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
|
1. Teknik
penilaian:
-
Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan teknik dasar senam lantai meroda
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
---------------------------------------- X 50
Jumlah skor maksimal
-
Pengamatan sikap (afeksi):
Melakukan gerak teknik dasar senam
lantai meroda dan guling lenting untuk menanamkan nilai disiplin, keberanian, dan tanggung jawab
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta
ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat
nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
-
Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik,
pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak
teknik dasar senam lantai meroda dan guling lenting
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang
nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
-
Nilai akhir yang
diperoleh siswa =
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR SENAM LANTAI
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Meroda
|
||||
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL:
24
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM MELAKUKAN TEKNIK
DASAR SENAM LANTAI
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1.Keberanian (tidak ragu-ragu saat melakukan gerakan)
|
|
2. Kedisiplinan (gerakan dilakukan dengan tertib)
|
|
3. Tanggung jawab (menjaga keselamatan diri dan orang
lain)
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 3
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP DALAM MELAKUKANTEKNIK DASAR SENAM LANTAI
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Bagaimana cara melakukan gerakan meroda ?
…………………………………………………………..
………………………………………………………….
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8
|
Mengetahui,
KEPALA SEKOLAH
LAILATUL ISNAINI, S.Pd
NIP. 19600920 198703 2 007
|
Tosari,
19 Juli 2012
Guru
Mapel PJOK.
Drs.
AKHMAD FAOZI
NIP.19641206
199203 1 008
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar