Kamis, 27 September 2012

RPP MGMP PENJASORKES





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                       : SMP Negeri 1 Tosari
Mata Pelajaran          : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester           : VIII / I
Tahun Pelajaran         : 2012/2013

Standar Kompetensi*
            3, Mempraktikan teknik dasar senam lantai  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar
3.1.Mempraktikan teknik dasar senam lantai meroda berdasarkan konsep  serta nilai disiplin,  keberanian, dan tanggung jawab 
3.2.Mempraktikan teknik dasar senam  lantai guling lenting serta nilai disiplin,  keberanian, dan tanggung jawab       

Alokasi Waktu                       :  2x 2 x 40 menit (2 x pertemuan )

Indikator Pencapaian Kompetensi

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar meroda
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan teknik dasar meroda
Aspek Afektif
·   Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab


A.  Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat melakukan teknik dasar senam lantai meroda dengan benar
v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

B.   Materi Pembelajaran
         Uji diri/Senam lantai
·         Teknik dasar senam lantai meroda 

B.   Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Demonstrasi
-          Penugasan

C.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1  Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan


-          Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

1  Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Melakukan teknik dasar senam lantai meroda , dengan rincian kegiatan sebagai berikut 
 b.    Melakukan latihan tumpuan dua tangan dengan berdiri menggunakan kedua tangan (perorangan/berpasangan)

a.       Melakukan latihan gerak meroda dengan bantuan dan dilanjutkan tanpa bantuan  (perorangan/ berpasangan/ berkelompok)
                                                                   

                                                                    
 § Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­   siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­   siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­   siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.

b.      Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­   guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­   siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­   siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­   siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c.       memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.      memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup (20 Menit)
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.  Sumber Belajar
-    Ruang terbuka yang datar dan aman (Bangsal senam)
-    Matras
-    Buku teks
-    Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII
-    Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

F.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar meroda
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan teknik dasar meroda
Aspek Afektif
·   Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

Tes praktik
(Kinerja)

Tes tertulis


Tes
observasi


Tes Contoh Kinerja

Pilihan ganda/uraian singkat

Lembar  observasi

 Lakukan teknik dasar meroda !


Posisi awal badan untuk melakukan meroda, adalah .

Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab


      1.   Teknik penilaian:
-    Tes unjuk kerja (psikomotor): 
      Lakukan teknik dasar senam lantai meroda
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

               Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ---------------------------------------- X 50
               Jumlah skor maksimal

- Pengamatan sikap (afeksi): 
Melakukan gerak teknik dasar senam lantai meroda dan guling lenting untuk menanamkan nilai disiplin,  keberanian, dan tanggung jawab      

Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
              Jumlah skor maksimal
-          Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak teknik dasar senam lantai meroda dan guling lenting

Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
                                                Jumlah skor maksimal
-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =
                        Text Box: Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis                       


            2.         Rubrik Penilaian

       RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR SENAM  LANTAI
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
Meroda
  1. Posisi awal berdiri menyamping arah gerakan kedua lengan terentang serong atas
  2. Saat melakukan gerakan, tangan diletakan pada matras satu persatu bersamaan kedua kaki terangkat dari matras juga secara satu persatu hingga kedua kaki lurus ke atas




  1. Akhir gerakan, kaki mendarat satu persatu pada matras, kedua lengan lurus serong atas dan posisi badan menyamping arah gerakan

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 24

RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM MELAKUKAN TEKNIK DASAR SENAM LANTAI
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.Keberanian (tidak ragu-ragu saat melakukan gerakan)

2. Kedisiplinan (gerakan dilakukan dengan tertib)

3. Tanggung jawab (menjaga keselamatan diri dan orang lain)

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 3

RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP DALAM MELAKUKANTEKNIK DASAR SENAM LANTAI

Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.      Bagaimana cara melakukan gerakan meroda ?
…………………………………………………………..
………………………………………………………….




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8


                                                                                               
Mengetahui,
KEPALA SEKOLAH



LAILATUL ISNAINI, S.Pd
NIP. 19600920 198703 2 007

Tosari, 19 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



Drs. AKHMAD FAOZI
NIP.19641206 199203 1 008